Minggu, 04 Desember 2011

membuat fungsi di java

Sebelum kita mengenal apa itu fungsi, alangkah baiknya kita mengerti terlebih dahulu apa itu class dan object, karena antara ketiga hal tersebut saling berkaitan...


  1. Pengertian 
    • Class merupakan suatu  blueprint  atau  cetakan  untuk menciptakan suatu  instant dari  object.  class  juga  merupakan  grup  suatu  object  dengan  kemiripan attributes/properties, behaviour dan relasi ke object lain. 
    • Contoh : Class Person, Vehicle, Tree, Fruit dan lain-lain.  

  1. Pengertian Object
    • Object  adalah  instance  dari  class.   Jika  class  secara  umum  merepresentasikan (template) sebuah object, sebuah  instance adalah  representasi nyata dari class  itu sendiri. 
    • Contoh : Dari class Fruit kita dapat membuat object Mangga, Pisang, Apel dan lain-lain.  
Membuat object 
Untuk membuat object, kita menggunakan perintah new dengan sebuah nama class yang akan dibuat sebagai instance dari class tersebut.  
String str = new String();  
Random r = new Random();  
Pegawai p2 = new PEgawai();  
Date hari = new Date();   
hari adalah object reference dari class Date yang akan digunakan untuk mengakses class Date. 
Sedangkan  operator  new  adalah  operator  yang  akan  menghasilkan  hari  sebagai reference ke instance dari class Date().   
Attributes merupakan nilai data  yang  terdapat pada  suatu object  yang berasal dari class. Attributes merepresentasikan karakteristik dari suatu object.   
Contoh  :  pada Class  Fruit  terdapat  attribute  : warna,  berat  pada  object mangga  : 
warna  berisi  kuning  dan  berat  misalkan  0.25  kg  pada  object  apel  :  warna  berisi merah dan berat misalkan 0.30 kg   
Method merupakan  suatu operasi berupa  fungsi-fungsi  yang dapat  dikerjakan oleh suatu object. Method didefinisikan pada class akan tetapi dipanggil melalui object.   
Contoh : pada object mangga : terdapat method ambilRasa , kupasKulit dan lain-lain.    
METHOD  
Metode menentukan perilaku objek, yakni apa yang  terjadi ketika objek  itu dibuat serta berbagai operasi yang dapat dilakukan objek sepanjang hidupnya.  
Metode  memiliki 4 (empat) bagian dasar : 
1.  Nama metode 
2.  Tipe Objek atau tipe primitive yang dikembalikan metode. 
3.  Daftar parameter. 
4.  Badan atau isi metode.  
Tiga  bagian  pertama  mengindikasikan  informasi  penting  tentang  metode  itu  sendiri. Dengan kata  lain, nama metode  tersebut=metode  lain dalam program. Dalam  java kita dapat memiliki metode-metode berbeda yang memiliki nama sama  tetapi berbeda  tipe kembalian atau daftar argumennya, sehingga bagian-bagian definisi metode ini menjadi penting. Ini disebut overloading metode.  Untuk  menjalankan  program  yang  memiliki  sifat  polymorphism  tersebut,  diperlukan suatu  kemampuan  overloading,  yaitu  suatu  kemampuan  untuk  menentukan  fungsi yang mana yang harus digunakan atau dijalankan jika terdapat nama fungsi yang sama.   Polimorfisme  bisa  diartikan  seperti  kemampuan  suatu  variable  untuk  mengubah perangai  sesuai  dengan  objek  hasil  instansiasi  yang  digunakan.  Polimorfisme membiarkan  lebih  dari  1  objek  dari  sub  class sub  class  dan  diperlakukan  sebagai objek dari super class tunggal 
Contoh: 
Mahasiswa cowok = new anakSI(); 
cowok.methodKU( Bernaz );  
Mahasiswa cewek = new anakTI(); 
cewek.mothodKU( Amelia ); 
Outputnya: 
Methodku dengan parameter dengan nilai Bernaz di class anakSI telah dipanggil 
Methodku dengan parameter dengan nilai Amelia di class anakTI telah dipanggil 

Contoh program bisa di download disini

Selamat mencoba...semoga bermanfaat
jangan lupa tinggalkan komentar Anda..terima kasih :)

0 komentar:

Posting Komentar

Selamat Datang di Blogku