Minggu, 30 Oktober 2011

VARIABLE dalam JAVA

       Didalam bahasa pemrograman apapun terdapat sebuah Variable yang digunakan sebagai tempat penyimpanan didalam memori komputer, dimana penggunaan huruf baik besar atau kecil dianggap berbeda. Misalnya, didalam bahasa JAVA nama variable yang dibuat adalah 'Bilangan' dan 'bilangan', penggunankan huruf 'B' dan 'b' akan dibaca berbeda.

       Varible bukanlah sebuah data, namun merupakan lokasi tempat data tersebut disimpan. Seorang programmer menggunakan nama untuk memerintah komputer mengambil data yang disimpan. Nahh...nama yang digunakan itulah yang disebut VARIABLE....

Dalam satu variable hanya menyimpan 1 jenis type data...dimana di java memiliki 8 Type Data primitif seperti :

Sebuah variable tidak dapat digunakan sebelum dideklarasikan, berikut ini cara pen-deklarasian variable :

nama_tipe nama_variabel;
 
nama_variabel dapat berupa sebuah nama variabel atau beberapa nama sekaligus yang dipisah dengan koma. Gaya pemrograman yang baik yaitu dengan mendeklarasikan satu variabel dalam satu pernyataan, kecuali variabel tersebut berhubungan erat satu sama lain. Misalnya:

float num;
String nama;
String nama;
boolean bol;
int x,y;
 
Atau pendeklarasian variabel bisa juga dilakukan sekaligus dengan pemberian nilainya, seperti pada contoh berikut:

int num = 1000;
char ch = 'e';
float angka = -1.504;
boolean bol = true;
 
Jenis-jenis Variabel
Java memiliki beberapa jenis variabel yang dapat dikelompokkan sebagai berikut :
  • Instance Variables (tidak statis). Dalam bahasa pemrograman berorientasi objek, objek menyimpan variabel yang tidak dideklarasikan dengan kata kunci static dalam kategori non-statis, atau dapat berubah-ubah. Suatu kelas dapat dijelmakan ke dalam beberapa objek. Nilai yang terkandung dalam variabel tak-statis ini berbeda untuk setiap objeknya.
  • Class Variables (statis). Variabel ini merupakan bagian integral dari suatu kelas, dan tidak ada satu objek pun yang dapat menyatakan kepemilikan atas variabel ini. Variabel yang dideklarasikan sebagai statis digunakan bersama oleh semua objek. Variabel ini lebih bersifat global yang nilainya sama untuk setiap objek pada kelas yang bersangkutan.
  • Local Variables. Variabel ini didefinisikan di dalam suatu metoda (method) atau dalam suatu prosedur. Variabel ini bersifat lokal karena hanya dapat diakses oleh metoda atau prosedur tersebut.
  • Parameter. Paramater atau argumen adalah variabel yang digunakan pada saat suatu metoda atau prosedur dipanggil. Parameter berguna untuk memberikan nilai awal untuk diteruskan (pass) ke dalam suatu prosedur atau metoda.

Kunjungi : http://java.lyracc.com/belajar/java-untuk-pemula/variabel-dan-tipe-data

3 komentar:

  1. Blog walking....

    http://mrofiuddin.blogspot.com

    BalasHapus
  2. gan perbedaan int dengan Integer itu apa ya?
    maklum ane newbie hehehe....

    BalasHapus
  3. Int dengan Integer dalam java itu sama aja gan, itu hanya sekedar pendeklarasian type data aja :)

    BalasHapus

Selamat Datang di Blogku